Loading

wait a moment

Training Kewirausahaan Pra Pensiun “Menghadapi Era Digital 4.0 & Keberadaan Generasi Melenial”

Bagikan Agenda:

Training  4 (Empat Hari)

“KEWIRAUSAHAAN  PRA PENSIUN”

Menghadapi Era Digital 4.0  & Keberadaan Generasi Millenial

 

DESKRIPSI PELATIHAN (Durasi: 4 hari)

Kewirausahaan adalah sebagai suatu kemampuan kreatif dan inovatif (create new and different) yang dijadikan kiat, dasar, sumber daya, proses, dan perjuangan untuk menciptakan nilai tambah barang dan jasa yang dilakukan, serta dengan keberanian untuk menghadapi risiko. Kewirausahaan merupakan suatu proses untuk mengembangkan, mengidentifikasi, dan membawa visi dalam kehidupan. Visi yang dimaksudkan adalah suatu ide inovatif atau suatu cara agar dapat menjalankan sesuatunya lebih lancar, efektif dan efisien.

          Gelombang  Revolusi Industri 4.0 yang begitu cepat menghadirkan berbagai tantangan dan juga ancaman, terutama bagi industri, proses bisnis dan ketenagakerjaan. Atmosfir ini meniscayakan adanya perubahan mindset, cara kerja, dan pola membangun hubungan interpersonal yang harmonis antar kelompok masyarakat maupun organisasi. Kemajuan teknologi ini tentunya dapat menjadi peluang sekaligus juga tantangan bagi para karyawan yang sedang mempersiapkan diri menghadapi persiapan pensiun (pra pensiun/purna bhakti). Terutama bagi para karyawan yang memiliki rencana akan menjalankan usaha/bisnis pada saat pensiunnya nanti, diperlukan adanya perubahan dari mindset sebagai seorang karyawan menuju tumbuhnya jiwa wirausaha (entrepreneurship), dan persiapan psikologis menghadapi perubahan dari kebiasaan memerintah atau diperintah menjadi seorang yang harus menciptakan sesuatu yang kreatif dan inovatif, yang dapat menjadi pendorong suksesnya suatu usaha. Hal ini memerlukan penyesuaian yang mendalam. Dengan kesiapan jiwa seperti ini diharapkan agar seorang yang akan menjalani masa pensiun tidak merasa kaget, dapat terlepas dari perasaan post power synderom, mampu menjaga kesehatan dalam menjalani kehidupan di masa pension, dan mampu mengelola keuangan sendiri secara efektif dan menguntungkan. Dan akan sungguh sangat lebih baik lagi apabila usaha yang dijalankan tersebut mampu menciptakan berbagai lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat.

          Usaha yang akan dibangun tersebut juga perlu beradaptasi dengan tantangan dan peluang dalam bidang ketenagakerjaan, yang juga menyangkut peningkatan dan penguatan ketrampilan, mengingat infrastruktur digital membutuhkan tenaga kerja trampil, disamping penggunaan robot, teknologi pabrik, dan artificial intellegence sebagai pendamping manusia. Disamping itu, di era ekonomi digital di Indonesia saat ini juga sedang maraknya terjadi pergeseran pola usaha dan perubahan perilaku bisnis yang difokuskan pada Millennial Generations. Generasi millennial ini memiliki pengaruh besar di masa depan untuk mengubah segala aspek mulai dari politik, budaya, hingga ke aktivitas bisnis. Di balik itu, mereka merupakan tambang emas bagi bisnis yang mampu memahami krakteristik, sifat, kebutuhan, dan habits yang berbeda dari generasi tersebut dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Perubahan ini mau tidak mau harus kita sikapi dengan arif dan bijaksana agar menghasilkan output yang positif dan dapat memberikan peluang yang baik bagi kelangsungan bisnis. Diperlukan langkah antisipatif, baik dari sisi bisnis proses, pengelolaan SDM, maupun hubungan interpersonal dalam perusahaan agar eksistensi perubahan tetap terjaga dan menguntungkan.

OUTPUT PELATIHAN

  1.   Memiliki persiapan psikologis saat menghadapi masa pensiun
  2.   Mampu mengatasi masalah kesehatan
  3.   Mampu membuat perencanaan keuangan masa pensiun
  4.   Mampu menjadi entrepreneur di masa pensiun

METODE PELATIHAN

Agar peserta dapat memahami secara komprehensif materi yang diberikan, maka digunakan beberapa aspek metodologi pembelajaran, antara lain :

  • Penyajian/penyampaian materi di dalam kelas, dengan dukungan multimedia, 
  • Diskusikan dan mengevaluasi permasalahan dengan model  case discussion,
  • Games & role-play,
  • Evaluasi pada akhir pelatihan mencakupkedalaman materi training, manfaat & efektifitas training, serta rekomendasi dari peserta.
  • Kunjungan ke lokasi beberapa usaha/industri

SASARAN PESERTA

Training Kewirausahaan Pra Pensiun  ini ditujukan bagi para karyawan yang masa kerjanya masih beberapa tahun lagi sebelum masa pensiun. Juga bagi personil lainnya yang ingin mempersiapkan mental dan kemampuan kewirausahaannya dalam menghadapi masa pensiun di Era Digital 4.0 dan keberadaan Generasi Milliennial..

JADWAL PELATIHAN di Tahun 2020 (Public Training – di  BANDUNG / JAKARTA

Bamdung – Hotel Golden Flower, 23 – 26  Juni 2020

Jakarta – Hotel Oasis Amir, 7 – 10 Juli  2020

Yogyakarta – Hotel Amaris Marlioboro, 23 – 26 Juli 2020

Malang – Hotel MaxOne Ascent, 4 – 7 Agustus 2020

PUSDIKNAS : Melayani permintaan kelas khusus (inhouse training) di seluruh wilayah indonesia dengan minimal peserta 20 orang, dan pesanan akan dilayani dalam waktu 14 hari kerja.

NARASUMBER

KANAIDI, SE., M.Si., cSAP

adalah seorang yang enerjik, humoris, dan sangat memotivasi. Berjiwa muda, sukses beberapa kali sebagai Dosen Favorite di beberapa Perguruan Tinggi.  Beliau suka menulis dan sudah berhasil menerbitkan beberapa buku di bidang Advertising, e-Marketing, juga Buku Koperasi & UMKM dan  Kewirausahaan hasil karya beliau dan telah berhasil dipublikasikan. Terlebih lagi beliau adalah seorang yang Certified di Bidang Enterprise Resources Planning (ERP) & System, Aplications, and Product in Data Processing (SAP), dengan spesialisasi Sales and Distribution (SD).

          Di samping itu, beliau adalah seorang praktisi yang berpengalaman lebih dari 30-an tahun berkerja di salah satu Perusahaan BUMN, dengan berbagai posisi jabatan: mulai dari Manajer UPT, Kepala Kantor di beberapa Kota di Indonesia s.d di tingkat Kantor Pusat. Beliau juga menggeluti beberapa jenis bisnis dan intent berhubungan dengan aktivasi digital dan pengelolaan generasi millenial. Beliau juga seorang Blogger yang rajin mengelola sedemikian banyak Blog dan beberapa website komersial, yang menghasilkan passive income secara spektakuler.

          Beliau seorang Trainer dan Pemateri/Instruktur/Narasumber yang sukses di beberapa kegiatan Training dan Workshop/Seminar di berbagai Perusahaan di Indonesia. Terlebih lagi, beliau adalah seorang konsultan dan peneliti marketing yang berdedikasi dengan segudang karya ilmiah yang beliau hasilkan dan publikasikan.


BIAYA INVESTASI :


Rp. 7.250.000,- / peserta 

(Tujuh juta dua ratus lima puluh ribu rupiah) / Tidak termasuk Penginapan

Rp. 8.750.000,- / peserta

(Delapan juta tuju ratus lima puluh ribu rupiah) / Sudah termasuk Penginapan untuk 1 Kamar 2 orang/Twin Share

FASILITAS YANG AKAN DIDAPAT PESERTA :

  • Menginap 1 Kamar Untuk 2 Orang/Twin  Share
  • Materi / modul & Flashdisk
  • ATK dan Tas
  • T-Shirt Pusdiknas
  • Sarapan Pagi (Nginap) Makan Siang dan Rehat coffe break 2x
  • Sertifikat Pelatihan
  • Fasilitas penjemputan Bandara (untuk group lebih dari 5 orang)

PENDAFTARAN

Pendaftaran Offline

  • Download Formulir Pendaftaran Peserta di sini
  • Isi formulir dengan lengkap
  • Kirimkan formulir pendaftaran yang telah diisi melalui Fax ke 021-2243 6598 atau email ke registrasi@pusdiknas.org atau yusuf@pusdiknas.org
  • Konfirmasi pendaftaran melalui telp.0811 996 9939 | 0812 1952 9399 (Yusuf)

Pembayaran Biaya Training dapat dilakukan dengan 2 cara antara lain:

  • Transfer ke Bank BRI Nomor Rekening: 0522 01 000210 304 Atas Nama: Lembaga Pusat Studi Kebijakan Nasional. Lakukan Konfirmasi Pembayaran dengan mengirimkan bukti transfer melalui Fax ke 021-2243 6598 atau email ke registrasi@pusdiknas.0rg atau dibawa pada saat Registrasi Ulang di lokasi training.
  • Tunai di Tempat saat melakukan registrasi ulang di lokasi training

Bila anda membutuhkan informasi lebih lanjut tentang kegiatan ini, anda dapat menghubungi 0811 996 9939 | 0812 1952 9399 (Yusuf) atau layangkan email anda ke admin@pusdiknas.com.

Pusdiknas : Juga Melayani Pesanan Khusus Bagi Permintaan Kelas Khusus (Inhouse Training) di seluruh wilayah indonesia, dengan waktu pesanan dilakukan dalam waktu 14 Hari Kerja.dengan Minimal Peserta 20 Orang.

Bagikan Agenda:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp kami