Loading

wait a moment

Training : “Procurement and Purchasing Management” (Pengadaan Barang & Jasa) Mengacu pada Perpres No. 16 Tahun 2018

Bagikan Agenda:

T r a i n i n g :

“Procurement and Purchasing Management”

(Pengadaan Barang & Jasa)

Mengacu pada Perpres No. 16 Tahun 2018 

PENDAHULUAN :

Procurement Management merupakan hal yang sangat penting bagi penunjang kehidupan perusahaan. Ditengarai bahwa pada industri manufaktur rata-rata menghabiskan lebih dari 65% cost of manufactured nya adalah untuk biaya material, begitu juga halnya dengan perusahaan jasa. Pengadaan merupakan bagian dari perusahaan yang sering dilakukan untuk menambah nilai suatu barang  agar perusahaan bisa mendapatkan keuntungan.

Pengadaan  adalah  fungsi yang   bukan hanya sekedar melaksanakan peraturan  yang berlaku,  namun juga harus mempertimbangkan capaian  kinerja  perusahaan. Semua hal yang berhubungan dengan  peraturan internal maupun eksternal  yang berkaitan dengan sistem pengadaan  harus dipertimbangkan dengan baik. Efektifitas dan efisiensi dalam pengadaan akan sangat menentukan proporsi pengeluaran biaya bagi perusahaan, yang pada akhirnya akan menentukan competitive advantage perusahaan tersebut. Sehubungan dengan itu, dipandang perlu perusahaan untuk membuat strategi pengadaan  yang mencakup juga strategi operasional pengadaan, strategi  kontrak pengadaan maupun strategi  kontrak dan pemilihan vendor yang tepat.  Dari beberapa strategi tersebut  kemudian akan diputuskan  kebijakan  pengadaan   yang tepat dan lebih efektif. 

Beberapa perusahaan biasanya memiliki supplier atau vendor penyedia barang dan jasa tertentu yang dibutuhkan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan  mereka. Perusahaan memilih penyedia barang dan jasa yang dianggap murah dan memiliki kualitas yang baik. Untuk mendapatkan klien atau  untuk bekerja sama dengan  supplier atau vendor tersebut memang bukan hal yang mudah. Terdapat beberapa kriteria ketika perusahaan memilih supplier atau vendor untuk pemenuhan kebutuhan mereka. Cara demikian ini lebih banyak dipilih perusahaan dibandingkan jika mereka  harus membeli sendiri secara terpisah di pasar. 

Terlebih lagi dengan munculnya “paradigma baru” dalam pengadaan barang dan jasa, yaitu dengan telah terbitnya Perpres No.16 Tahun 2018, yang lengkap dengan tujuan, kebijakan umum, prinsip dan etika dalam pengadaan barang dan jasa.

Pelatihan ini akan membawa para peserta memahami proses dan pengelolaan pengadaan yang efektif dan efisien, yang diharapkan dapat memberikan  kontribusi  yang besar bagi perusahaan. Melalui pelatihan ini diharapkan juga dapat membekali peserta dengan berbagai pengetahuan yang berkaitan dengan teknik penilaian dan kriteria pemilihan vendor yang tepat dan menguntungkan bagi perusahaan. Terlebih lagi dengan  telah  diterapkannya  pengadaan  barang  dan  jasa  secara  elektronik  dan    e-Procurement & e-Purchasing yang diharapkan dapat membantu manajemen perusahaan untuk mengambil keputusan yang tepat dalam pemenuhan kebutuhan akan barang atau jasa yang dapat mendukung kemajuan perusahaan.

Terkait dengan hal tersebut diatas, maka kami dari Pusat Studi Kebijakan Nasional (PUSDIKNAS) telah menyiapkan TrainingProcurement and Purchasing Management (Pengadaan Barang & Jasa), kegiatan tersebut akan di selenggarakan pada :

HARI/ TANGGAL

TEMPAT

Kamis – Jum’at,

26 – 27 Maret 2020

Hotel Oasis Amir-Jakarta

Jl. Senen Raya No. 135 – 137 Jakarta Pusat

Rabu – Kamis

8 – 9 April 2020

Hotel Golden Flower – Bandung,

Jl. Asia Afrika No. 15-17, Kota Bandung

SASARAN PESERTA

Para manajer, supervisor, dan staf bagian pengelolaan, pergudangan dan administrasi pengadaan dan pembelian barang dan jasa, serta personil lainnya yang ingin meningkatkan pengetahuan dan ketrampilannya tentang manajemen pengadaan dan pembelian barang atau jasa.

 TUJUAN & MANFAAT PELATIHAN

  1. Menjelaskan kepada peserta mengenai pentingnya pengelolaan pengadaan dan pembelian dilakukan secara professional.
  2. Membekali peserta dengan berbagai pengetahuan yang berkaitan dengan perencanaan, proses dan pengendalian pengadaan barang dan jasa, memahami struktur organisasi beserta tugas dan tanggung-jawab pengelola pengadaan, teknik penilaian dan kriteria pemilihan vendor.
  3. Secara umum pelatihan ini diharapkan akan meningkatkan kemampuan pesertanya dalam pengelolaan pengadaan dan pembelian barang dan jasa.

 METODE PELATIHAN

Agar peserta dapat memahami secara komprehensif materi yang diberikan, maka digunakan beberapa aspek metodologi pembelajaran, antara lain : penyajian/penyampaian materi di dalam kelas, dengan dukungan multimedia, role-play, mendiskusikan dan mengevaluasi permasalahan dengan model  case discussion. Evaluasi pada akhir pelatihan mencakup kedalaman materi training, manfaat & efektifitas training serta rekomendasi dari peserta.

 NARASUMBER

KANAIDI, SE., M.Si., cSAP

Adalah seorang yang enerjik, humoris, dan sangat memotivasi. Berjiwa muda, sukses beberapa   kali  sebagai  Dosen  Favorite  di  beberapa  Perguruan  Tinggi.   Beliau suka menulis  dan  sudah  berhasil  menerbitkan  beberapa  buku  di  bidang   Advertising, e-Marketing, juga Buku Koperasi & UMKM dan  Kewirausahaan hasil karya beliau dan telah berhasil dipublikasikan. Terlebih lagi beliau adalah seorang yang Certified di Bidang Enterprise Resources Planning (ERP) & System, Aplications, and Product in Data Processing (SAP), dengan spesialisasi Sales and Distribution.

          Di samping itu, beliau adalah seorang praktisi yang berpengalaman lebih dari 30 tahun berkerja di salah satu Perusahaan BUMN besar di Indonesia, dengan berbagai posisi jabatan: mulai dari Manajer UPT, Kepala Kantor di beberapa Kota di Indonesia s.d di tingkat Kantor Pusat. Beliau juga menggeluti aktivitas bisnis dan memiliki pengalaman sedemikian inten dalam penanganan Pengadaan Barang & Jasa. Beliau juga seorang Blogger yang rajin mengelola sedemikian banyak Blog dan beberapa web komersial, yang menghasilkan passive income yang cukup spektakuler.

          Beliau seorang Trainer dan Pemateri/Instruktur/Narasumber yang sukses di beberapa kegiatan Training dan Workshop/Seminar di berbagai Perusahaan di Indonesia. Terlebih lagi, beliau adalah seorang konsultan dan peneliti marketing yang berdedikasi dengan segudang karya ilmiah yang beliau hasilkan.

——————————————————–

INVESTASI

Rp. 3.850.000,- / peserta 

(Tiga juta delapan ratus lima puluh ribu rupiah )

FASILITAS YANG DIDAPAT PESERTA :

  • Materi / modul Diklat & Flashdisk 4GB
  • Tas Ekselusife dan ATK
  • Makan Siang dan Rehat coffe break 2x
  • Sertifikat Workshop

PENDAFTARAN

Pendaftaran Offline

  • Download Formulir Pendaftaran Peserta di sini
  • Isi formulir dengan lengkap
  • Kirimkan formulir pendaftaran yang telah diisi melalui Fax ke 021-2243 6598 atau email ke registrasi@pusdiknas.com atau admin@pusdiknas.com
  • Konfirmasi pendaftaran melalui telp.0811 996 9939 | 0812 1952 9399 (Yusuf)

Pembayaran Biaya Training dapat dilakukan dengan 2 cara antara lain:

  • Transfer ke Bank BRI Nomor Rekening: 0522 01 000210 304 Atas Nama: Lembaga Pusat Studi Kebijakan Nasional. Lakukan Konfirmasi Pembayaran dengan mengirimkan bukti transfer melalui Fax ke 021-2243 659 atau email ke registrasi@pusdiknas.com atau dibawa pada saat Registrasi Ulang di lokasi training.
  • Tunai di Tempat saat melakukan registrasi ulang di lokasi training

Bila anda membutuhkan informasi lebih lanjut tentang kegiatan ini, anda dapat menghubungi 0811 996 9939 | 0812 1952 9399 (Yusuf) atau layangkan email anda ke admin@pusdiknas.com.

Bagikan Agenda:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp kami